Share |
--- Welcome To Sky Net - The Organization of Hackers ---

Friday, April 1, 2011

Belanja Komputer Untuk Game ?



Kali ini bahasan saya adalah computer gaming, mengapa? Alasannya sederhana saja orang gampang stress jadi tentu saja suka main game, 
sebahagian orang suka main game ringan biasanya ibu-ibu dan anak gadis, tapi berbeda dengan anak-anak sekolah dan pemuda mereka cenderung suka main game kelas kakap, alias mesti computer yang keren, hasil gambar bagus dan hasil suara ngak kala keren.
Gimana solusinya yah?
Nah pelajari triknya disini!

Yang namanya computer pastilah memiliki hardware, ada 5 hardware yang sangat mempengaruhi yaitu:
1. Mainboard (motherboard)
2. Processor
3. Ram
4. VGA CARD
5. Soundcard
1. Mainboard
Saat ini perkembangan mainboard sangat cepat, biasanya mainboard yang baik akan berpengaruh terhadap Processor, karena mainboard sama processor ibarat keluargayang ngak bisa dipisahkan, itu sebabnya buat main game carilah mainboard yang baik, yang menggunakan intel chipset 965 san chipset 975, gimana cara mengetahuinya? Mudah saja biasanya mainboard jenis ini mendukung processor Core 2 Duo, kalau mau lebih tinggi lagi silakan misalanya Core 2 Extrem, atau core 2 quard. Kalau mau pakai AMD pilih yang mendukung processor Athlon X2 atau FX. Terserah mau rakit sendiri atau beli jadi.
2. Processor
Processor ada dua jenis yang sangat terkenal Tipe Intel dan AMD, seperti yang saya singgung diatas ada untuk produk intel carilah processor mulai dari Inter Pentium D (Dual Core), Core 2 Duo, Core 2 Extreme atau Core 2 Quard. Untuk Jenis AMD carilah Athlon X2 atau FX. Dengan jenis processor diatas kemungkinan sudah sangat mendukung game-game terbaru dengan hasil yang baik. Tapi tunggu dulu anda harus memperhitungkan VGA Card
3. VGA CARD
Siapa yang ngak tahu bahwa VGA card sangat berpengaruh terhadap hasil gambar tetapi tahukah anda spesifikasi VGA Card yang sangat dibutuhkan?, mungkin anda masih penggunaka computer PIV dengan Processor 2,8 atau 3Ghz, mau ganti rasanya saying tapi kepengen main game masa kini. Tenang saja sekalipun pada spesifikasi game mintanya Core 2 Duo anda masih bisa memainkan game tersebut asalkan didukung dengan VGA yang keren,
Hal yang pertama yang harus anda pastikan adalah: anda memakai jenis VGA apa? Onboard (menyatu dengan mainboardnya) atau Add-on terpisah dari mainboardnya. Jika anda masih memakai VGA onboard, solusinya anda harus beli VGA (yang seken aja klo ngak ada duit).
Untuk membeli VGA Seken anda harus pastikan Jenis slot pada mainboard anda (sayang saya ngak bisa tunjukin senis slotnya) yang pasti ada 2 jenis slot saat ini, ngak tahu kedepan mengalami perkembangan (PCI Express dan AGP), biasanya PIV masih pakai AGP, sementara Core (PCI Express) nah untuk VGA slot AGP anda harus cari VGA jenis ATI Radeon atau Nvidia Geforce, carilah VGA minimal spec 256MB, seperti kata rekan saya: Untuk menghasilkan gambar yang baik carilah VGA yang canggih alias baik pulah. Kalau untuk slot VGA PCI Express ngak usah ditanya deh mulai dari 256MB sampai 2GB ada dipasaran, carilah yang spec minimalnya 512MB. Dijamin bakalan seruh main gamenya. Berikut ini saya sertakan jenis VGA yang patut anda perhitungkan:
ATI Radeon X1600,X1970 nVidia Geforce 7600, semua seri Geforce 7 dan 8, pokoknya dijamin oke deh…
4. MEMORY (RAM)
Untuk spesifikasi ram mudah aja kok, minimal ram 1GB, jika ingin lebih keren pakai aja 2GB, saat ini harga ram sudah sangat murah untuk ram baru 1GB harga kisaran Rp 180.000 s.d 200.000 mungkin kedepan lebih murah lagi (klo ngak punya uang beli seken aja 512MB dua keping)paling 140-150ribu
5. SOUNDCARD
Sebenarnya hasil gambar yang bagus belum tentu menyenangkan tanpa dibarengi suara yang bagus pula, memang sebagian orang tidak mempersoalkannya tapi kalau kamu sudah benar-benar suka main game tentu akan lebih menyenangkan dengan hasil suara yang baik pula, jika punya uang ngak ada salahnya anda membeli soundcard terpisah dengan jenis sound blaster, tapi kalau ngak cukup uang beli speaker yang mantap juga ngak salah, tentu saja berpengaruh terhadap hasil suara, misalnya speaker altec lansing atau sonic gear.

Kemarin adek saya membeli laptop seken merek HP, Harganya sekitar 4JT dengan spec sebagai berikut: Intel Core 2 Duo, RAM 2GB VGA 1256MB jenis ATI Radeon, selain itu tentu saja didukung VGA onboard (jadi Dual VGA). Saya kurang tahu kemungkinan dia kurang paham, tapi menurut saya Laptop tersebut adalah salah satu jenis laptop High End yang langkah, mungkin harga barunya bisa mencapai 8-10juta. Kalau dia paham pastilah dia memakai VGA onboard untuk sehari-hari lalu untuk main game pakai VGA Ati Radeonnya, tapi karena dia ngak paham yah dia pakai aja VGA Ati Radeonnya sehari hari.

Sengaja saya tidak mau member tahu dia takutnya di buat main game tiap hari, soalnya memang laptopnya itu mendukung buat para gamer.

Semoga artikel ini membantu buat para gamer.

0 comments:

Post a Comment