Apabila kalian menemukan soal, Carilah jarak jatuh peluru yang ditembakkan pada suatu lokasi dengan sudut penembakan (α) dan kecepatan (Vo). Maka kita mendiskusikannya disini. Untuk mencari jarak, kita membutuhkan beberapa variabel diantaranya: sudut, kecepatan, rad, dan jarak. Selain itu, kita juga membutuhkan PHI dan GRAVITASI. Dengan mempelajari ini, kita juga akan mengetahui fungsi matematika baru, yaitu cos(), sin(), dan pow(). Fungi pow() digunakan untuk mencari nilai XY. Penggunaan fungsi pow() sebagai berikut:
artinya, sisi x sisi x sisi. Sisi adalah variabel, diikuti dengan jumlah pangkatnya.
Anggap jarak adalah X, maka rumusnya adalah sebagai berikut:
X = 2 x Vo2 x Sin(α) x Cos(α) / g
dengan g = gravitasi = 9,8.
Setelah mengetahui rumusnya, mari kita buat kodenya, lihat syntax berikut ini:
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
#include <math.h>
void main()
{
float sudut, // Sudut Penembakan
kecepatan, // Kecepatan Penembakan
rad, // Sudut dalam Radian
jarak;
const float PHI = 3.14;
const float GRAVITASI = 9.8;
clrscr();
cout<<"Menghitung Jarak Jatuh Peluru"<<endl<<endl;
cout<<"Masukkan Sudut Penambakan (derajat) = ";
cin>>sudut;
cout<<"Masukkan Kecepatan Tembak (m/second) = ";
cin>>kecepatan;
//menghitung jarak jatuh peluru
rad = sudut * PHI / 180;
jarak = 2 * pow(kecepatan, 2) * sin(rad) * cos(rad) / GRAVITASI;
cout<<"Jadi, Peluru Jatuh pada Jarak = "<<jarak<<" meter"<<endl;
getch();
}
Sekian ilmu yang dapat saya berikan hari ini, semoga berguna. :-)
0 comments:
Post a Comment